Our Professional...

You can teach a student a lesson for a day; but if you can teach him to learn by creating curiosity, he will continue the learning process as long as he lives.

Sunday, January 10, 2010

Tips Meningkatkan Stamina

Di bawah ini ada beberapa tips untuk menjaga dan meningkatkan stamina:
1. Olahraga
Menurut James Rippe, ahli jantung merangkap Pengarah Rippe Lifestyle Institute di Shrewsbury, Massachusetts, AS, olahraga terutama jenis aerobik adalah ubat terbaik mengatasi kelelahan dan menambah tenaga. Olahraga aerobik seperti berbasikal, berenang dan lari akan memperkuat jantung sehingga lebih banyak lagi oksigen yang akan sampai ke seluruh tubuh sehingga meningkatkan efisiensi produksi tenaga.
2. Minum air lebih banyak
Kurang air adalah penyebab kelelahan. Jika tubuh kekurangan cairan, darah mengental. Akibatnya aliran darah jadi lambat dan perlukan waktu lebih bagi sel tubuh untuk mendapatkan oksigen.
3. Makan sedikit, tetapi selalu
Makan sedikit makanan yang seimbang, tetapi sering. Makanan yang berkarbohidrat banyak menyebabkan gula darah meningkat. Ini membuat lebih banyak insulin yang dikeluarkan tubuh. Keadaan ini akan menyebabkan terlalu banyak gula darah dihantar ke sel otot untuk disimpan. Inilah penyebab kepada kelelahan.
4. Suplemen vitamin, mineral dan asam lemak omega 3
Dr. Roberta Lee, Pengarah Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York AS, menyarankan makanan multivitamin dan mineral untuk pesakit yang kelelahan. Mengapa? Vitamin antioksidan membantu tubuh meneutralkan kerosakan dalam sel kerana serangan radikal bebas. Mineral menyokong hati dan ginjal dalam melakukan kerja detoksifikasi tubuh. Asam lemak omega 3 membantu kerja setiap sel tubuh agar berjalan lancar.
5. Ubah rutin
Contohnya, cuba dengarkan jenis musik baru, tempuh rutin baru ke pejabat, atau sembang dengan orang baru.
6. Beri priority
Buat daftar hal paling penting dalam hidup, apa yang ingin Anda lakukan. Melakukan hal yang tak diinginkan, kata Tony Schwartz, pengarang buku The Power of full Engagement, akan menghabiskan tenaga.
7. Istirahat sejenak
Manusia sudah diprogram oleh yang Maha Kuasa untuk bergerak antara menghabiskan dan menghasilkan tenaga. Pergerakan berlangsung selama 90-120 menit, selama waktu kelelahan. Istirahatlah beberapa minit untuk memulihkan tenaga.

No comments:

Post a Comment

Followers